Bisnis Aquascape: Sebuah Hobi Yang Menghasilkan

Ide bisnis setiap tahunnya selalu berkembang mengikuti pergerakan zaman. Semakin tahun masyarakat semakin kreatif dan juga semakin jeli dalam melihat peluang bisnis. Salah satu bisnis yang sekarang sedang digandrungi oleh banyak pelaku usaha adalah bisnis aquascape. Sejatinya bisnis ini pada mulanya berawal dari hobi, yang lama kelaman ternyata dapat dikembangkan dan juga dapat mendatangkan rupiah. Jika anda adalah orang yang hobi mengoleksi dan membuat aquascape maka menjalankan bisnis yang satu ini sangatlah terasa menyenangkan. Karena anda dapat hidup dan menghasilkan uang dari sesuatu yang memang anda sukai dan cintai. Berikut adalah beberapa ulasan seputar aquascape yang mungkin dapat membantu anda.

Apa Itu Aquascape

Bisnis Aquascape: Sebuah Hobi Yang Menghasilkan

Bagi anda yang belum mengetahui tentang aquascape namun merasa tertarik untuk menggeluti bisnis tersbut berikut adalah beberapa penjelasan singkatnya. Aquascape sejatinya adalah sebuah seni dalam menggabungkan air, batu, tanaman, kayu, dan juga hewan air untuk membangun sebuah ekosistem yang ditempatkan dalam sebuah aquarium kaca. Di Indonesia sendiri, aquascape masih terbilang langka, oleh karena itu berbisnis aquascape cukup menguntungkan. Aquascape juga bisa dibentuk dengan berbagai macam gaya tatanan. Uniknya, berbagai negara memiliki gaya tersendiri dalam membuat aquascape. Berikut adalah beberapa gaya aquascape yang sudah diterapkan oleh banyak orang.

  • Nature Style

Gaya yang satu ini merupakan gaya pembuatan aquascape yang terbilang cukup mudah untuk dibuat. Selain udah, gaya yang satu ini juga tidak memakan banyak biaya. Bahkan kita bisa memanfaatkan bahannya dari alam langsung agar terkesan asli dan menyatu dengan tema. Gaya ini mengedepankan tampilan alami dari sebuah bukit ataupun sebuah hamparan padang rumput yang luas.

  • Deutch Style

Gaya ini berasal dari negeri kincir angin Belanda. Orang-orang di negeri ini memang sangat amat mencintai keindahan. Itu terlihat dan diterapkan pada pembuatan dan gaya aquascape juga. Gaya yang satu ini menitikberatkan pada keindahan tampilan pemandanga aquascape juga menggambarkan suatu iklim di negara tersebut. Gaya yang satu ini terbiilang cukup sulit dan memakan biaya yang cukup banyak dalam pembuatannya. Namun hasilnya jangan diragukan lagi karena memang gaya yang satu ini sudah terkenal indah di seluruh dunia.

  • Iwagumi

Dari namanya saja, kita pasti sudah bisa menebak kalau gaya aquascape yang satu ini berasal dari negeri samurai, Jepang. Gaya pembuatan aquascape yang satu ini dipelopori oleh salah satu master aquascape yang cukup terkenal yakni Takashi Amano. Gaya ini memiliki konsep penataan batu yang disebut rule of third. Penataan batu tersebut terletak tersusun rapih dari bawah ke atas menggunakan tiga jenis batu ditambah dua batu tambahan yang ukurannya lebih besar daripada tiga batu sebelumnya sebagai penghias dari aquascape tersebut.

Strategi Penjualan Dalam Bisnis Aquascape

Bisnis Aquascape

Bisnis aquascape adalah salah satu bisnis yang bisa dibilang berawal dari hobi yang sering dilakukan. Karena berdasarkan hobi maka orang yang menekuni bisnis ini cenderung lebih bahagia dan sepenuh hati dalam menjalankan bisnisnya. Hal tersebut dikarenakan mereka dapat menghasilkan uang dan meraup untung dari sesuatu yang memang mereka cintai. Namun jika anda ingin bisnis aquascape anda laku keras tentunya anda harus memiliki beberapa strategi yang ampuh untuk menarik para pembeli. Berikut adalah beberapa strategi penjualan aquascape.

  • Buat Konten Kreatif

Tidak ada salahnya jika selagi anda membuat aquascape anda juga turut merekam proses pembuatannya dari awal sampai akhir. Buatlah konten seputar aquascape yang menarik dan dapat ditonton banyak orang. Pamerkanlah hasil aquascape buatan anda sehingga orang-orang yang melihatnya menjadi tertarik dan berminat ingin membeli. Selain itu jangan lupa juga membuat konten untuk beberapa tips seputar aquascape agar orang-orang semakin mengenal toko yang anda kelola dan pastinya untungnya juga akan berlipat ganda.

  • Manfaatkan Sosial Media

Setelah membuat konten yang bagus dan menarik, kini saatnya anda memanfaatkan sosial media untuk mendatangkan banyak pembeli. Konten yang tadi sudah anda buat kemudian bisa anda unggah ke kanal Youtube, Instagram, ataupun facebook dari toko anda. Selain itu, jangan lupa juga untuk membagikan link sosial media anda kepada orang-orang agar lebih dikenal oleh masyarakat luas. Jika anda belum memiliki sosial media untuk toko aquascape anda, maka segeralah buat. Karena sosial media bisa menjadi jantung dari penjualan bisnis anda.

  • Selalu Pantau Harga Pasaran

Selain melakukan kedua hal tersebut, sering- seringlah memantau harga pasaran aquascape setiap minggunya. Mengingat harga aquascape ini dapat berubah sewaktu-waktu dengan jangka waktu yang cukup singkat. Selain itu, mengetahui harga pasar juga akan membuat anda mempunyai patokan soal berapa harga aquascape yng nantinya akan anda pasarkan. Jeli lah dalam menentukan harga demi kenyamanan para pembeli. Jika harga pasaran sedang tinggi, maka turunkanlah sedikit harga jual aquascape anda. Harga miring tersebut secara otomatis akan membuat pembeli lebih memilih berbelanja di toko anda daripada di toko lainnya.

Itulah beberapa ulasan seputar aquascape yang dapat dijelaskan. Semoga artikel kali ini dapam memberikan informasi tambahan bagi anda yang sedang ragu untuk memulai bisnis aquascape.